Selasa, 22 November 2011

DUKUNGAN TERHADAP ODHA DAN PERAN SERTA SEMUA PIHAK DAPAT MENGURANGI PENYEBARAN HIV/AIDS


Adanya kerjasama yang baik antara lembaga sosial masyarakat, institusi yang memberikan pelayanan terhadap HIV/AIDS, para penderita HIV/AIDS (ODHA) dan semua pihak akan mengurangi penyebaran HIV/AIDS terhadap orang lain. 
Kenalilah HIV/AIDS, Apakah anda terjangkit HIV/AIDS?, karena pola hidup anda! Maka periksakanlah diri anda!
Mungkin sebagian besar orang khususnya remaja-remaja di Indonesia sudah mengenal apa itu HIV/AIDS melalui pendidikan seksual di sekolah, penyuluhan, atau dari media-media. Bagaimana dengan remaja-remaja yang belum mengetahui tentang HIV/AIDS? Saya akan sedikit membahas tentang HIV dan AIDS.


HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang dan memperlemah kekebalan tubuh manusia. Dari pengertiannya saja sudah bisa dimengerti, apabila orang yang terserang virus ini akan mudah terserang berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya lemah. Yang paling berbahaya, virus ini bisa menular terhadap orang sehat. Bagi anda yang sehat bersyukurlah tapi juga harus waspada dan tahu penularan dari HIV. 
HIV dapat menular melalui :
- Pemakaian jarum yang sudah terkontaminasi HIV
Apabila anda sehat lalu secara sengaja atau tidak disengaja menggunakan jarum (jarum suntik, jarum tato, pemakaian narkoba dengan alat jarum) yang sudah terkontaminasi HIV, sudah pasti anda akan tertular HIV. Jadi pastikan diri anda memakai jarum yang bersih dan periksakan diri anda.
- Hubungan seksual
Seks bebas selain dilarang agama karena merupakan suatu dosa besar, seks bebas juga merupakan penularan HIV terbesar menurut data WHO. Belum tentu anda dan pasangan anda bebas dari penyakit kelamin dan HIV. Jadi untuk mencegahnya adalah hindari seks bebas, pergunakan kondom dalam berhubungan seks, kenali pasangan anda dan periksakan diri anda.
 - Transmisi Perinatal (penularan HIV dari ibu ke anak)
Dapat terjadi melalui pemberian ASI dari sang ibu yang terinfeksi HIV/AIDS kepada sang bayi.

Dari dua poin teratas tentang penularan HIV dapat diambil beberapa kesimpulan, peran serta para penegak hukum juga sangat penting dalam mencegah penyebaran HIV/AIDS, seperti lebih aktif dan lebih tegas lagi dalam memberantas kasus narkotika dan obat-obat terlarang, tempat-tempat prostitusi yang sangat ramai di lingkungan masyarakat. Dan untuk remaja-remaja perlu diberikan pendidikan seks agar mereka tahu dan mengerti tentang hubungan seksual terutama yang berkaitan dengan HIV/AIDS, pendidikan karakter baik yang diterapkan dalam pelajaran di sekolah maupun di rumah. Hal ini tidak lepas dari peran serta guru dan orang tua. Jika diusia remaja sudah terinfeksi HIV/AIDS kemungkinan besar akan menularkan HIV kepada buah hatinya nanti.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah penyakit yang berkembang yang disebabkan oleh infeksi HIV. Jadi HIV berkembang menjadi AIDS ketika kekebalan tubuh sudah rusak parah. AIDS dapat menyebakan kematian.

Catatan : Hindarilah hal-hal yang bisa menyebabkan anda tertular HIV, anda bisa saja terinfeksi HIV tanpa anda sadari tapi belum tentu anda terkena AIDS hal ini tergantung dari sistem kekebalan tubuh anda. Maka periksakan diri anda sejak dini untuk mengetahui dan mencegah terjangkit HIV/AIDS.

Berdasarkan penelitian saya secara online melalui internet, banyak lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi masyarakat yang memberikan pelayanan untuk HIV/AIDS di Indonesia di 35 Provinsi. Saya akan berikan sebagian link nya karena ini merupakan informasi yang penting dan positif. Dibawah ini adalah daftar-daftar Lembaga Sosial Masyarakat dan Institusi di 35 Provinsi di Indonesia yang menyediakan pelayanan untuk HIV/AIDS : 

Nanggroe Aceh Darussalam                        
Papua Barat
Sumatera Barat                                               

Sumatera Utara
Jambi                                                              

Riau
Bengkulu                                                           

Sumatera Selatan
Kepulauan Bangka Belitung                           

Lampung
DKI Jakarta                                                        

Kepulauan Riau
Jawa Tengah                                                      

Jawa Barat
Jawa Timur                                                         

Daerah Istimewa Yogyakarta
Bali                                                                      

Banten
Nusa Tenggara Timur                                      

Nusa Tenggara Barat
Kalimantan Tengah                                          

Kalimantan Barat
Kalimantan Timur                                            

Kalimantan Selatan (tidak ada data)
Sulawesi Tengah                                               

Sulawesi Utara
Sulawesi Tenggara                                           

Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat                                                 

Gorontalo (tidak ada data)
Maluku Utara (tidak ada data)                        

Maluku
Papua



Saya hanya mencoba merasakan sebagai orang yang hidup dengan HIV/AIDS, mungkin ini sebagian perasaan yang mereka rasakan, "Disini Aku sudah hancur lebur tak ada harapan dan asa, tak ada tujuan dalam setiap langkah, hanya kesunyian yang terdengar, hanya kekosongan yang terlihat, hanya satu pertanyaan dan permintaan. Apakah saya bisa bertahan hidup? dan saya ingin tetap hidup."
Untuk para ODHA jangan pernah berkecil hati, jangan pernah menyerah, jangan pernah merasa diasingkan, buka lah hati kalian dan lihatlah keluar sana, begitu banyak orang-orang yang mendukung kalian dalam bentuk moral maupun material untuk kesembuhan kalian, kalian layak  mendapatkan bantuan kesehatan. Namun segala bentuk dukungan itu tidak ada artinya tanpa adanya peran serta kalian, tanpa adanya semangat kalian. "Bukalah hati kalian, kalian adalah manusia, kalian layak untuk hidup, lihatlah...disini kami mendukung kalian, berjuanglah untuk diri kalian, karena kekuatan sebenarnya ada dalam diri kalian, atau kalian akan terus bersembunyi membiarkan diri kalian mati?"
 

Cianjur - Jawa Barat.


*  posting di Twitter  

 
* Follow @AusAid @VIVAnews @VIVAvlog




4 komentar:

  1. terima kasih sudah berpartisipasi di govlog, untuk pendataan tolong isi data2 di bawah ini,

    Nama Lengkap:
    Jenis Kelamin:
    No tlp/HP (yang bisa dihubungi):
    Email:
    Yahoo Messenger:
    Alamat lengkap:
    Pekerjaan:
    kirim ke rizal.maulana(at)vivanews.com
    trim's

    BalasHapus
  2. Semua lini emang harus berpartisipasi ya?
    Terimakasih sudah ikut berpartisipasi dan turut berkampanye melalui blog :)


    Join Fan Pages VIVAlog
    Best Regards, Gal's

    BalasHapus
  3. @izal ajah : sama-sama mas izal. saya akan segera mengirimkan data2 yang diminta.
    mas izal saya mau nanya, bukti pemasangan posting govlog di twitter dan follow VIVAvlog, VIVAnews, dan AusAid diblog saya sudah sesuai dengan persyaratan lomba? terima kasih. salam kenal

    BalasHapus
  4. @Galuh Paranti : Harus berpartisipasi klo memang tujuan kita ingin sungguh-sungguh memerangi penyebaran HIV/AIDS. Namun bagaimana caranya agar semua pihak berpartisipasi dalam hal ini...? Bisa dengan berkampanye baik itu secara lisan atau tulisan. Dengan adanya GoVlog dari VIVAnews yang bekerjasama dengan AusAid, yang bertemakan HIV/AIDS itu juga merupakan suatu bentuk ajakan terhadap orang-orang dalam memerangi penyebaran HIV/AIDS terutama dikalangan remaja. Pada akhirnya kembali lagi kepada pribadi masing-masing, apakah akan menjalankan komitmen ini?

    -Salam kenal, Bee-

    BalasHapus

-Bee visions-