Jumat, 11 November 2011

OTOMOTIF - BERKENDARA AMAN SEPEDA MOTOR



TIPS SEBELUM MELAKUKAN PERJALANAN MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR

Ide untuk menulis artikel ini, ketika saya melakukan perjalanan dengan sepeda motor, saya melihat beberapa kecelakaan (sepeda motor) yang terjadi dalam satu perjalanan. Kecelakaan tersebut terjadi akibat kelalaian pengendara dan hal-hal lainnya.
"Rider sekelas M. Simoncelli pun bisa mengalami kecelakaan dengan akibat yang sangat fatal bagi dirinya sendiri dan orang lain. Dalam artikel ini tidak ada gambar yang memuat kecelakaan tersebut. Apa kata dunia klo ada yang kecelakaan dan kita malah photo-photo. maaf mas-mas dan mba-mba tak ada maksud untuk menyindir hehehehe."

Utamakan keselamatan

Sebagai pemilik kendaraan anda bertanggung jawab untuk keselamatan dan kenyamanan dalam operasional sepeda motor anda. Sepeda motor adalah kendaraan dengan roda dua, pemakaian yang aman tergantung dari penguasaan teknik berkendara yang tepat dan keterampilan pengendara.
Sepeda motor dirancang untuk membawa beban (pengendara dan seorang penumpang). Kesalahan pengendara dalam mendeteksi dan mengenali sepeda motor dalam lalu lintas adalah penyebab terbesar dalam kecelakaan sepeda motor. Hindari penyebab kecelakaan yang dapat menimpa diri anda dan orang lain. Oleh sebab itu :
  • Pergunakan jaket dengan warna yang cerah.
  • Perlu lebih hati-hati ketika melintasi persimpangan jalan. karena persimpangan jalan adalah tempat dimana sering terjadi kecelakaan sepeda motor.
  • usahakan pengendara lain dapat dengan mudah melihat anda. Jangan berkendara demana pengendara lain tidak bisa melihat anda.
  • Banyak kecelakaan yang menimpa pengendara yang belum berpengalaman. Fakta menunjukan bahwa pengendara yang mengalami kecelakaan adalah yang belum memiliki SIM. (Duhhh...saya juga belum punya SIM).
  • Kenalilah batas kemampuan anda dengan berada di dalam batas kemampuan, dan anda akan terhindar dari kecelakaan.
  • Saya juga menganjurkan bagi para yang belajar sepeda motor untuk berlatih berkendara di tempat yang sepi sampai anda benar-benar menguasai sepeda motor anda dan semua funfsi alat kontrol. (Jangan sekali-sekali untuk berlatih sepeda motor di jalan Tol Hehehe).
  • Selalu pergunakan Helm, pelindung muka atau kacamata (angin berhembus ke arah mata akan mengurangi daya penglihatan), dan pergunakan juga Masker.
Catatan : Semua mesin dapat menghasilkan Carbon Monoxide dari gas buang. yang dapat menimbulkan kematian. menghisap gas Carbon Monoxidedapat mengakibatkan sakit kepala, pusing, mengantuk, mual, bingung, lebih bahayanya kematian.
Carbon Monoxide tidak berwarna dan  tidak berbau sehingga tidak terlihat. Untuk itu, jaga diri anda dan hindari racun Carbon Monoxide.

Pemeriksaan sebelum jalan

Periksa sepeda motor anda saat sebelum anda pergunakan untuk melakukan perjalanan terutama perjalanan jauh, untuk memastikan sepeda motor anda siap pakai. Kesalahan dalam pemeriksaan dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan atau kerusakan alat perlengkapan. Jangan mengendarai kendaraan jika anda merasakan ada masalah.
Sebelum menggunakan sepeda motor, periksa bagian-bagian berikut :

  • Bahan bakar : Periksa bahan bakar dalam tangki bensin, periksa aliran bensin, dan periksa dari kebocoran.
  • Oli mesin : Periksa ketinggian oli mesin, jika kurang tambahkan oli sesuai yang disarankan sampai batas atas, dan periksa juga dari kebocoran oli.
  • Suspensi depan dan belakang : Periksa cara kerjanya, periksa jika ada kebocoran oli.
  • Rem depan : Periksa cara kerjanya, jika terasa ngempos anjurkan bengkel untuk bleeding pada sistim hydraulic. Periksa batas keausan kampas rem (ganti jika diperlukan), periksa ketinggian minyak rem pada reservoir (jika kurang tambahkan sesuai dengan minyak rem yang disarankan).
  • Rem belakang : Periksa cara kerjanya, periksa gerak bebas pedal rem (setel jika diperlukan).
  • Handel gas/Throttle grip : Pastikan beroperasi dengan lancar, periksa gerak bebas handel gas (jika perlu anjurkan bengkel menyetel gerak bebas handel gas dan melumasi rumah handel gas).
  • Kabel penggerak : Pastikan bekerja dengan lancar, lumasi jika perlu.
  • Rantai penggerak : Periksa kekencangan rantai (setel jika perlu), periksa kondisi rantai (lumasi jika perlu).
  • Roda dan ban : Periksa dari kerusakan, periksa kondisi dan kedalaman alur, periksa tekanan ban, tambah angin jika diperlukan.
  • Pedal rem : Pastikan bekerja dengan lancar, lumasi engsel pedal jika perlu.
  • Tuas rem : Pastikan bekerja dengan lancar, lumasi engsel tuas rem jika perlu.
  • Standart tenga dan samping : Pastikan beroperasi dengan lancar, lumasi engsel standart jika perlu.
  • Engsel rangka : Pastikan baut dan mur pengikat terpasang dengan kuat, kencangkan jika perlu.
  • Instumen, lampu, sinyal dan saklar : periksa cara kerja, perbaiki jika diperlukan.
  • Battery : periksa voltase dan sambungan terminal battery.
Selamat berkendara sampai tujuan. semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. jangan lupa centang dan komentar nya ^^.


5 komentar:

  1. wah wah ini tips bagus bagi setiap yang suka berkendaraan. Thanks

    BalasHapus
  2. Waah Mantep Tenan Pak dhe !!!!!!

    Blog ini cukup ramai sekali,penataannya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula,sungguh sangat sempurna !!! Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. @Mukti Effendi : Terima kasih sudah membaca artikel ini dan berkunjung ke blog ini. salah kenal

    BalasHapus
  4. @PALING SUPER AMPUH : Terima kasih telah berkunkung ke blog ini dan komentar nya . salam kenal juga :)

    BalasHapus

-Bee visions-