Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 30 Juli 2012

BARTENDER

Postingan sebelumnya saya menulis dengan singkat tentang Bar dan pada kesempatan ini saya ingin menulis tentang Bartender. Langsung aja, tak perlu kata pengantar yang panjang lebar ( syudahh malam ngantukk, besok di cekulah upacara....???? >,<).

Bartender adalah seseorang yang bertugas di bar, bartender memberikan pelayanan kepada tamu akan kebutuhan minuman mereka, seperti membuat minuman - minuman baik itu minuman beralkohol maupun minuman tidak mengandung alkohol. Ada pepatah dalam bahasa inggris, "Bartending is not just the making of mixed drinks". Bartender juga bisa melakukan pekerjaan diluar tugas utama mereka, seperti menjadi rekan bicara tamu yang berkunjung ke bar tersebut, hal tersebut juga menjadi salah satu tolak ukur untuk kepuasan tamu yang berkunjung ke bar tersebut. Jika tamu tersebut merasa puas dan senang serta nyaman berada di suatu tempat maka kemungkinan besar tamu tersebut akan kembali berkunjung ke tempat tersebut dan itu akan memberikan keuntungan materil juga. Oleh karena itu seorang bartender harus supel dan pandai bergaul, "hmmmm pokoknya seperti itulah".
Sebelum Bar buka, seorang bartender dibantu asisten bar, waiter, dan waitress harus memperhatikan hal -hal berikut ini :
PREPARATION
-Setting up the bar
Persiapkan Ice (es) untuk keperluan operasional jika bar tersebut tidak dilengkapi dengan mesin untuk membuat ice. Jika memilikinya pastikan mesin tersebut berfungsi dengan baik. Persiapkan Garnish secukupnya agar nanti lebih memudahkan dan mengefektifkan proses pembuatan minuman. Serta pastikan bahwa persediaan minuman - minuman cukup untuk keperluan selama operasional, seperti beer, liquors, wine, fruits for juice, dan kelengkapan glasswares.

CHECK THE CLEANLINESS THE BAR AREA
Pastikan semua area bar bersih, seperti ; bersihkan tempat sampah (waste bins), dusting area-area yang berdebu, glasswares already polished, kerapian meja - meja serta area kerja bartender.

Ketika tamu berkunjung atau mendekati area bar, hal pertama yang harus dilakukan bagaimanapun sibuknya staff di bar yaitu :
- Welcoming guest ( smile, greating, eye contact).
- Taking Guest drinks order. Memberikan daftar minuman kepada tamu dan menanyakan minuman apa yang akan dipesan oleh tamu tersebut. (waiter atau waitress yang melakukan taking order, dicatat di Captain Order untuk di serahkan kepada bartender).
- Bartender membuat minuman yang dipesan oleh tamu.
- serving the mixed drink waiter or waitress. Waiter atau waitress menghidangkan minuman sesuai dengan pesanan kepada tamu.
- Bartender menginput pesanan tamu tersebut ke sistem untuk nanti dibuatkan bill nya.
- Presenting bill, Guest leave, Courtesy. Berikan bill kepada tamu setelah tamu memintanya, ucapkan salam dengan etika, dan sopan.
- Collect empty glasses from the bar to diswashing area. Kumpulkan gelas - gelas bekas minuman tamu, kemudian bawa ke tempat mencuci.
- Wash glassware. Cuci gelas tersebut.
- Restock anything that you need. Persiapakan kembali apa yang dibutuhkan.

Hal - hal yang harus dimiliki oleh seorang Bartender adalah 4G.
- Great personality
Bartender harus bisa berinteraksi dengan banyak tamu - tamu yang berkunjung ke bar, jika tidak memiliki kepribadian yang baik, supel, pandai berinteraksi, kemungkinan besar tamu tersebut tidak akan kembali ke bar.
- Good memory
Bartender harus mampu mengingat minuman - minuman yang dipesan oleh tamu. Coba bayangkan disaat bar tersebut ramai, berapa banyak minuman pada waktu bersamaan yang dipesan oleh tamu - tamu. Kerjasama antara bar staff harus baik.
-Good knowledge of liquors, cocktails, wines, and beers.
Bartender harus tahu apa yang mereka jual.
- Good grooming
Bartender harus memiliki penampilan yang rapi, bersih, baik dan sopan

Menjadi seorang bartender memiliki tanggung jawab yang sangat besar dimulai ketika bartender itu membuat dan menyajikan minuman beralkohol. Apabila terus memberikan minuman beralkohol kepada orang Intoxicated (mabuk), dan orang tersebut mengalami kecelakaan maka bartender tersebut akan mendapatkan sanksi kriminal, mungkin juga akan dimasukan ke penjara :( . Oleh sebab itu  seorang bartender harus mampu melihat kondisi tamu di bar nya. Ada beberapa hal yang harus bisa dilakukan dan diperhatikan ;
- Tawarkan makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi, karena lemak dan protein bisa menyerap alkohol dalam tubuh.
- Jangan menawarkan atau menyajikan makanan - makanan yang asin karena akan menimbulkan rasa haus.
- Alihkan tamu - tamu yang berada di dancing floor atau sekitar kolam renang untuk duduk menonton televisi, atau hal lainnya yang bisa manjauhkan kecelakaan yang tidak terduga kepada tamu tersebut.
- Hindarkan pesanan tamu dalam pitcher.
-Jangan sungkan untuk menolak pesanan minuman beralkohol kepada tamu yang sudah mabuk. "harus dengan courtesy, maaf  saya sudah tidak diperkenankan untuk memberikan minuman lagi kepada anda. Jika saya memberikan minuman lagi kepada anda, saya bisa kehilangan pekerjaan saya".
- Informasikan kepada staff bar lainnya untuk tidak memberikan pesanan minuman kepada tamu yang sudah mabuk tersebut.
-  Satu lagi yang tidak kalah penting. Jangan ijinkan orang yang berusia diawah 20 tahun untuk membeli minuman beralkohol.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

-Bee visions-